herbal batu ginjal, herbal pasutri, herbal untuk wasir, herbal pria perkasa herbal diabetes, herbal keladi tikus, Grosir Herbal | Toko Herbal Jogja | Toko Herbal Semarang | Toko Herbal malang, Herbal Jawa Tengah, Herbal Indonesia, Toko Herbal solo, herbal jogja, | slimming suit natasha | toko perabotan rumah tangga | toko peralatan dapur | toko herbal jakarta
Tuesday, 2 September 2014 - Buka jam 08.00 s/d jam 16.30 , Minggu Libur
Home » Uncategorized » RPP IPA TERPADU SMP IX, kelangsungan hidup makhluk hidup

RPP IPA TERPADU SMP IX, kelangsungan hidup makhluk hidup

12 September , 2013 , Category : Uncategorized

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

Sekolah                                   : SMP NEGERI 13 YOGYAKARTA

Mata Pelajaran                      : ILMU PENGETAHUAN ALAM

Kelas / Semester                   : IX/ 1

Jumlah Pertemuan               :  3x pertemuan (6×30 menit)

A.    STANDAR KOMPETENSI

2. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup

B.     KOMPETENSI DASAR

2.1 mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleksi alam, dan perkembangbiakan

C.    INDIKATOR

  1. Mendeskripsikan adapatasi makhluk hidup
  2. Mengidentifikasi macam-macam adaptasi makhluk hidup
  3. Memahami proses seleksi alam yang terjadi pada makhluk hidup

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN  :

  1. Siswa dapat menjelaskan peran perkembangbiakan bagi kelangsungan hidup
  2. Siswa dapat menjelaskan cara-cara makhluk hidup beradaptasi terhadap lingkungannya.
  3. Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam adaptasi pada makhluk hidup.
  4. Siswa dapat membedakan antara adaptasi morfologi, fisiologi dan tingkah laku
  5. Siswa dapat menjelaskan bagaimana terjadinya adaptasi melalui seleksi alam.
  6. Siswa dapat menyebutkan contoh adapatasi yang terjadi pada makhluk hidup
  7. Siswa dapat mengaitakan ciri makhluk hidup dengan lingkungannya
  8. Siswa dapat  menjelaskan tujuan makhuk hidup menampilkan perilakunya
  9. Siswa dapat menjelaskan pengertian seleksi alam
  10. Siswa dapat menyebutkan factor-faktor penunjuk adanya seleksi alam
  11. Siswa dapat menganalisa data hewan / tumbuhan yang hampir punah.
  12. Siswa dapat menganalisis manfaat berkembang biak bagi makhluk hidup.
  13. Menjelaskan perbedaan antara perkembangbiakan generatif dan vegetatif
  14. Meyebutkan contoh cara perkembangbiakan vegetatif alami pada tumbuhan.
  • Karakter siswa yang diharapkan :              Disiplin ( Discipline )

Rasa hormat dan perhatian ( respect )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

E.     MATERI AJAR

Kelangsungan hidup makhluk hidup

Indikator 1                        : Adaptasi makhluk hidup

Indikator 2                        : Seleksi alam

Indikato 3             : Perkembangbiakan makhluk hidup

F.     ALOKASI WAKTU

6 x 30 menit

G.    METODE PEMBELAJARAN :

- Model                   : Direct Instruction (DI)

Cooperative Learning

- Metode                 : Diskusi kelompok

Informasi

Inkuiri

Observasi

Penugasan

Tanya Jawab

H.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN

PERTEMUAN PERTAMA

  1. Kegiatan Pendahuluan
    1. Guru menyiapkan siswa secara fisik dan psikis dengan cara menyampaikan salam, memimpin doa dan melakukan presensi
    2. Guru menyampaikan kepada siswa tujuan yang akan dicapai selama pertemuan berlangsung
    3. Guru menyampaikan cakupan materi yang akan dipelajari misalnya tentang pengertian adaptasi, macam-macam adaptasi dan meyebutkan contoh-contoh adaptasi pada hewan dan tumbuhan
    4. Kegiatan Inti
      1.  Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi:

-        guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada pembelajaran hari ini

-        melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang tema materi yang akan dipelajari

-        guru menjelaskan materi diskusi dam menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain

  1. Elaborasi

-        guru membagi siswa dalam kelompok yang heterogen ( satu kelompok terdiri dari 4-5 siswa) dan memberi lembar kerja siswa yang akan didiskusikan

-        guru meminta siswa untuk mengerjakan lembar kerja siswa yang dibuat oleh guru

-        masing-masing kelompok mandiskusikan materi/ LKS yang telah dibagikan

-        masing-masing kelompok siswa mempresentasikan hasil dari diskusi secara bergantian dengan kelompok lainnya

-        siswa dari kelompok lain menanyakan hal-hal yang belum jelas kepada kelompok yang presentasi

  1. Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

-        guru bertanya jawab tentang  hal-hal yang belum diketahui peserta didik

-        guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan

 

 

       3. Kegiatan Penutup

-          Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama baik.

-          Peserta didik (dibimbing guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.

-          Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

-          guru menyampaikan rencana pertemuan berikutnya

 

PERTEMUAN KEDUA

1.    Kegiatan Pendahuluan

-       Guru menyiapkan siswa secara fisik dan psikis dengan cara menyampaikan salam, memimpin doa dan melakukan presensi

-       Guru menyampaikan kepada siswa tujuan yang akan dicapai selama pertemuan berlangsung

-       Guru menjelaskan kegiatan yang harus dilakukan siswa

2.      Kegiatan Inti

  1. Eksplorasi

Dalam kegiatan eksplorasi:

-        guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada pembelajaran hari ini

-        melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang tema materi yang akan dipelajari

-        guru menjelaskan materi diskusi dam menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain

  1. Elaborasi

-        guru memberikan informasi mengenai tugas-tugas yang akan dilakukan pada pembelajaran  outdoor, membagi siswa dalam kelompok yang heterogen ( satu kelompok terdiri dari 4-5 siswa) dan membagikan lembar kerja siswa yang akan didiskusikan

-        memberikan pengarahan kepada peseta didik untuk melakukan outdoor learning sesuai dengan kelompoknya masing-masing

-        guru membimbing tiap-tiap kelompok dalam melakukan kegiatan diluar ruangan

-        meminta pada salah satu kelompok untuk menyampaikan apa yang telah dilakukan oleh kelompok dan tugas-tugas lainya

-        kelompok lain agar menanggapi dan menanyakan hal-hal yang belum jelas kepada kelompok yang presentasi

  1. Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, guru:

- guru memastikan bahwa seluruh kelompok sudah melakukan telah melaksanakan kegiatan  dan tugas lain secara benar

- guru bertanya jawab tentang  hal-hal yang belum diketahui peserta didik

- guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan  penguatan dan penyimpulan

 

       3. Kegiatan Penutup

-          Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama baik.

-          Peserta didik (dibimbing guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.

-          Guru memberikan tugas rumah secara berkelompok untuk menyiapkan alat dan bahan untuk kegiatan belajar berikutnya

PERTEMUAN KETIGA

1.      Kegiatan Pendahuluan

    1. Guru menyiapkan siswa secara fisik dan psikis dengan cara menyampaikan salam, memimpin doa dan melakukan presensi
    2. Guru menyampaikan kepada siswa tujuan yang akan dicapai selama pertemuan berlangsung
    3. Guru menyapaikan cakupan materi yang akan dipelajari misalnya tentang perkembangbiakan makhluk hidup  dan tujuan perkembangbiakan makhluk hidup
    4. 2.      Kegiatan inti
      1. Eksplorasi

-          Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai pada pertemuan pembelajaran hari ini

-          Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang tema materi yang akan dipelajari yaitu tentang perkembangbiakan makhluk hidup

-          Guru menjelaskan materi diskusi dan menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lainnya;

  1. Elaborasi

Dalam kegiatan  elaborasi, guru:

-          Siswa berkelompok sesuai kelompok pada pertemuan sebelumnya (kelompok asal) kelompok cangkok, okulasi, sambung pucuk, stek dll

-          Siswa berdiskusi dengan model CL jigsaw, masing-masing kelompok mengirimkan 1 anggota  untuk belajar kepada kelompok yang lain

-          Siswa kembali pada kelompok asal dan menjelaskan pada temannya

-          Perwakilan kelompok untuk presentasi hasilnya

-          kelompok lain agar menanggapi dan menanyakan hal-hal yang belum jelas kepada kelompok yang presentasi

  1. Konfirmasi

-          Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui peserta didik

-          Guru dan siswa bertanya jawab dan meluruskan kesalahan pemahaman (bila ada), memberikan penguatan dan penyimpulan

  1. 3.      Kegiatan Penutup

-          Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerja sama

-          Peserta didik (dibimbing guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.

-          Guru menyampaikan rencana pertemuan berikutnya untuk mengadakan evaluasi

 

  1. I.       PENILAIAN HASIL BELAJAR
    1. Jenis Penilaian             : Ulangan Harian
    2. Instrumen Penilaian     : Soal Piliahn Ganda

 

  1. I.       Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar diantara jawaban a, b, c, dan d

 

1.   Penyesuaian diri terhadap lingkungan mutlak perlu agar setiap organime dapat ….

a. memperoleh keturunan

b. bertahan hidup lebih lama

c. bersaing dengan organisme lain

d. memperoleh lebih banyak makanan.

 

2.   Yang dimaksud dengan adaptasi adalah … .

a. usaha organisme untuk memenuhi kebutuhan makanan.

b. usaha organisme untuk memperoleh keturunan

c. uasa manusia untuk mempengaruhi lingkungannya.

d. usaha organisme menyesuaikan diri terhadap lingkungannya.

 

3.   Untuk beradaptasi terhadap lingkungan yang cukup air, tumbuhan higrofit mempunyai cirri-ciri….

a. daun tebal, kecil, dan sedikit stomata

b. daun lebar dan mempunyai lapisan lilin yang tebal

c. daun lebar, tipis dan banyak stomata

d. daun lebar, tebal, dan sedikit stomata

 

4. 

 

Bentuk paruh yang paling sesuai untuk mencari makan di dalam lumpur dan air adalah …

a. 1 dan 4

b. 2 dan 4

c. 3 dan 6

d. 7 dan 8

 

5.   Di bawah ini merupakan bentuk-bentuk adaptasi organisme darat di musim kemarau, kecual

a. ekskresi menjadi lebih cepat

b. daun tumbuhan jati berguguran

c. hewan lebih banyak makan

d. pernapasan meningkat

 

6.   Dalam periode tertentu, ikan paus menyembulkan kepalanya ke permukaan air untuk bernapas. Hal tersebut termasuk contoh adaptasi…

a. morfologi

b.fisiologi

c. tingkah laku

d. anatomi

 

7.   Bentuk yang sesuai untuk burung pemanjat adalah ….

 

8.   Perhatikan pernyataan berikut !

1. Unta memiliki kantong air agar dapat hidup di padang pasir.

2. Daun tipis dan lebar berfungsi untuk menguangi penguapan.

3. Batang kaktus yang tebal berfungsi untuk menyimpan air.

4. Enceng gondok merupakan tumbuhan tanah kering.

Pernyataan yang benar adalah … .

  1. 1 dan 2
  2. 1 dan 3
  3. 2 dan 3
  4. 2 dan 4

 

9.  

Gambar nomor 1 menunjukkan mulut serangga tipe ….

  1. penggigit
  2. penusuk dan pengisap
  3. penjilat
  4. pengisap.

 

10. Perhatikan pernyataan berikut !

1. Lumba-lumba sering muncul ke permukaan air

2. Herbivora mempunyai enzim sellulase untuk membantu pencernaannya

3. Anak rayap makan kulit induknya yang mengelupas

4. Orang yang hidup di dataran tinggi mempunyai hemoglobin lebih banyak

Pernyataan yang terkait dengan adaptasi fisiologi adalah nomor …

  1. 1 dan 2
  2. 1 dan 3
  3. 2 dan 3
  4. 2 dan 4

 

11. Perhatikan data-data berikut !

1. Pohon jati meranggas pada musim kemarau

2. Daun teratai berbentuk lebar,tipis, stomata banyak

3. Kucing rumah bertahan hidup dengan makan nasi

4. Anak rayap makan kulit induknya yang mengelupas

5. Daun pisang menggulung pada saat udara panas

 

Penyesuaian makhluk hidup dengan perubahan tingkah laku ditunjukkan oleh nomor …

  1. 1, 3, dan 5
  2. 1, 4, dan 5
  3. 2, 3, dan 5
  4. 2, 3, dan 4

12. Pada saat-saat tertentu, larva nyamuk menuju ke permukaan air untuk menghirup udara pernapasan. Berdasarkan tingkat laku tersebut, cara yang paling tepat untuk membasminya adalah … .

a. tempat hidupnya diisi oksigen agar larva tidak ke permukaan

b. tempat hidupnya diisi ikan pemangsa larva nyamuk

c. tempat hidupnya diisi abate

d. tempat hidupnya diisi dengan minyak.

 

13. Kemampuan berkembang biak yang dimiliki oleh setiap jenis organisme bertujuan untuk …

a. memperoleh keturunan

b. mempertahankan kelestarian jenis

c. beradaptasi terhadap lingkungan

d. memenuhi kebutuhan hidup

 

14. Perhatikan pernyataan berikut

1.   melibatkan gamet jantan dan betina

2.   sifat individu baru sama dengan sifat induk

3.   terbentuk individu baru yang bervariasi

4.   terbentuk dari bagian tubuh induk

Perkembangbiakan secara kawin memiliki ciri….

a.   1 dan 2

b.   1 dan 3

c.   2 dan 3

d.   2 dan 4

 

15. Salah satu pernyataan berikut yang termasuk perkembangbiakan secara generatif adalah … .

a. fragmentasi pada Planaria

b. pertunasan pada Saccharomyces

c. tumbuhnya tanaman baru pada kentang

d. peleburan gamet pada ganggang.

16. Untuk mendapatkan keturunan yang bervariasi dapat dilakukan dengan cara ….

a. mencangkok                                                   c. setek

b. menyilang                                                       d. merunduk

 

17. Berikut ini yang merupakan pengertian vivipar adalah … .

a. pembuahan yang terjadi dalam tubuh induk betina

b. reproduksi dengan melahirkan anak

c. reproduksi dengan bertelur dan ,engerami telurnaya

d. reproduksi dengan bertelur tanpa mengerami telurnya.

 

18. Organisme yang mampu berkembang biak secara generatif dan vegetatif sekaligus sering disebut … .

a. saprofit

b. gametofit

c. hermafrodit

d. metagenesis

 

19. Keuntungan perkembangbiakan secara vegetatif adalah … .

a. lebih cepat menghasilkan

b. hasil lebih baik dari induknya

c. adaptasi terhadap lingkungan

d. hasilnya tahan lama.

 

20. Berikut ini yang merupakan reproduksi seksual pada hewan adalah … .

a. anisogami, isogami, dan konjugasi

b. tunas, membelah diri, dan fragmentasi

c. sporulasi, fragmentasi, dan konjugasi

d. membelah diri, fragmentasi, dan konjugasi.

 

  1. Kunci Jawaban
    1. b
    2. d
    3. c
    4. c
    5. c
    6. c
    7. b
    8. b
    9. d
    10. d
    11. b
    12. b
    13. a
    14. a
    15. d
    16. b
    17. b
    18. c
    19. a
    20. a


  1. pedoman Penskoran    : Tiap soal skornya = 1
  1. Pedoman Penilaian      : nilai akhir =
  1. J.      SUMBER BELAJAR
    1. Buku IPA Terpadu Jl.3A  halaman 91-105
    2. Buku siswa
    3. LKS

                                                                                                            Yogyakarta,

      Mengetahui

Guru Mata Pelajaran                                                                           Mahasiswa

ENDANG WIJAYANTI, S.Pd                                                         SUPRIONO

NIP : 19710301 199802 2 004                                                           NIM : 10016031

Incoming search terms:

yhs-fh_lsonswrpp kelangsungan hidup makhluk hidupikan paus muncul ke permuka an air untuk bernafas pada periode tertentu hal tersebuttermasuk contoh adaptasikelangsungan hidup mahkluk hidup paling langkap yo pakmengapa makhluk hidup perlu beradaptasirpp kelangsungan hidup makhluk hidup smp ixRpp kelangsungan makhluk hidup

Mencintai Dicintai Allah

27 June , 2014 , Kategori : Mencintai Karena Allah
Mencintai Dicintai Allah

1. “Banyak pemuda mengaku dicintai Laila, akan tetapi Laila tidak mengakui pengakuan mereka,” 2. Banyak dari kita mengaku dicintai Allah tapi apakah tingkah dan laku kita pantas untuk dicintai-Nya? 3. Tentu jika ingin dicintai maka harus mencintai. Karena cinta... baca selengkapnya

Alasan Mengapa Sebaiknya Tidak Menikahi Pacarmu

1 April , 2014 , Kategori : Dilarang Menikahi Pacar
Alasan Mengapa Sebaiknya Tidak Menikahi Pacarmu

PACARAN Pasti Ada Cemburu Ada Resah Ada Nyesel NIKAH Niat Ibadah Karena Allah Judulnya aneh ya? Tapi gak salah tulis kok. Serius, yang kumaksud memang jangan menikah dengan pacarmu. Tulisan ini bukan dimaksudkan untuk kalian yang cuma pacaran untuk... baca selengkapnya

Tips Mencari Jodoh Sholeh/ Sholehah

1 April , 2014 , Kategori : Kajian Cari Jodoh Sholeh
Tips Mencari Jodoh Sholeh/ Sholehah

Bagi anda yang belum punya pasang hidup alias jomblo..hehhe anda ingin cari jodoh yang sholeh atau sholehah Inilah Tipsnya Gan and Sist. 1. Putusin saja pacar mu gan lah kow malah putusi pacar sih apa hubugannya? jelas lah bagaimana... baca selengkapnya

Kisah Nyata Penuh Hikmah dan Inspiratif, Putri Herlina “Gadis Tanpa Tangan” Menikah Dengan Reza Somantri “Putra Petinggi Bank Indonesia”

5 November , 2013 , Kategori : Kisah Putri Herlina
Kisah Nyata Penuh Hikmah dan Inspiratif, Putri Herlina “Gadis Tanpa Tangan” Menikah Dengan Reza Somantri “Putra Petinggi Bank Indonesia”

TUHAN MAHA SUTRADARA “sesuatu yang kau anggap baik belum tentu baik di depan Tuhan, juga sesuatu yang kau anggap buruk belum tentu buruk di depan-Nya. Karena Dialah sutradara terhebat sesungguhnya..” Jogjakarta.. Siang yang panas memeluk daun-daun yang saling bergesek,... baca selengkapnya

Algoritma Terbaru Google Juni 2013 – Algoritma Google T-Rex

9 October , 2013 , Kategori : Algoritma T-Rex Google
Algoritma Terbaru Google Juni 2013 – Algoritma Google T-Rex

BLOGGER BLOG. Belum genap satu tahun kemunculan algoritma Google Dinosaurus (yang diluncurkan medio Januari 2013), baru-baru ini tepatnya di sekitar bulan Juni 2013 telah muncul algoritma Google yang lebih ganas lagi dan dikenal dengan sebutan algoritma Google T-Rex. Sebagaimana... baca selengkapnya

Keranjang Belanja Anda
Jumlah Barang : pcs
  • Ayla Minyak Urut “Mak Urut – Jogja” | Pembesar Penis Alami – Jogja | Grosir Produk Pembesar Penis Jogja | Grosir Mak Urut – Jogja | Tempat Kulakan Mak Urut | HerbaFarmasi | Toko Herbal Yogyakarta
    […] CARA PEMESANAN/ ORDER : […] »
  • Obat Herbal Jerawat | Herbal Kapsul Bersih Wajah | Apotek Herbal | HerbaFarmasi | Toko Herbal Yogyakarta
    […] CARA PEMESANAN/ ORDER : […] »
  • G-OX Fresh – Jogja (Herbal Bau Badan, Herbal Bau Ketiak, Deodorant Yang Aman, Natural Deodorant) | HerbaFarmasi | Toko Herbal Yogyakarta
    […] CARA PEMESANAN/ ORDER : […] »
  • susu kambing etawa, susu bubuk etawa | HerbaFarmasi | Toko Herbal Yogyakarta
    […] CARA PEMESANAN/ ORDER : […] »
  • serum herbal jerawat, obat jerawat, herbal jerawat | HerbaFarmasi | Toko Herbal Yogyakarta
    […] DESEMBER 2012 […] »
* klik gambar produk

SUPPORT BY:

TESTIMONI

1. Eta Pontia # Palembang (aku mau pesan lagi manjur banget obat bersih wajahnya, aku kan udch minum 2 botol, mau pesan lagi, Alhamdulillah bersih wajahku, lumayan)
2. Taru Setiawan - Banjarmasin-0812521xxxx ("Alhamdulillah barang sudah saya terima dlm kondisi baik dan cepat sampainya, Terima Kasih".)
3. Ndari Indrayani - Bekasi- 08139259xxxx ("Mas ma kasih ya barang dah smp".)
4. Aif gunawan - purweketo-("Mksh mas brang sdh smpe")
4.Evi Maryani - Malang - 08180785xxxx('Makasih, paket sudah sampe")
5. Iwan hermawan - Bandung- 0815739xxxx ("Alhmdulillah brang sudah sampe")
6. Ani - Klaten - 08570223xxxx - ("kak, sudah sampe...terimakasih,")
7. Erna - Bogor - 0251876xxxx - (Pak supriyono paketnya sudah saya terima ya. tq.")
8. Kristina Endah P - Pemalang - 08572512xxxx - ("Terimakasih ya mas...barang udah aku terima")
9. Purwanto - Bogor - 08577760xxxx- ( Pak sudah sampe obatnya teremi kasih.)
10. Suci Ayu Rastuti-Palembang-089904xxxx-( Paket nya udh smpe min. Mksh ya..)
11. Rahma-Sulawesi selatan-08529842xxxx-(Brang y udah sampe Qo- Makasih y)
12. Linda-Bandung-08572194xxxx-(maksih bnyak y,, brangnya dah dtng)
13. Nur-Subang-08579339xxx-(sist, brg nya udah ke terima. Makasih yah)
14. Yulia Sumarni-Bekasi-08151955xxxx-(Barang sudah nyampe, makasih.!)
15. Nur-Subang-(Sist maksih ya...barangny dah sampek)
16. Ratna Dian- Jakarta- (Sblmnya sy ingin ucapkan terima kasih krna pesanan sya sdh sterima 2hr slth pemesanan)
17. Susilawati-Denpasar(ya brg sudah sampe sore ini trims)
18. Hanik NH-Pati- (Pak/bu barangnya kozui natasha, udah kami terima. Terimakasih ya.)
19. Sri Sulastri-Palembang-(Ass, ud smpai obatnya, mksh. doain brhasil y.amin.:-))
20. Mimin-Sumedang-0857215xxxxx(Mas terima kasih...barabgnya sudah sampai...)
21. Wawan Harianto-Batam-0812707xxxxx(oke brow brang uda nyampk mksi ya)
22. Hanik Hk-Pati-0896880xxxxx-(Barangnya sudah kami terima, terimaksih ya)
23. Dadeng-Bogor-0858811xxxxx-(Pak ini obat udh nympe, termksh ya)
24. Gusti Ayu-Denpasar-Bali-0857384xxxxx-(Gan sudah sampai tadi paketannya di bali thanks yaaa...)
25. Febri Bagus-Tangerang-(Boz brng nya dah saya terima . thank you iyaaaaa)
26. Yusti Prasetyowati-Jakarta-0857152xxxxx(Slamat sore maz, kiriman paket obat herbal bersih jerawatnya baru aku terima hari ini, thanks)
27. Raka Mahardika-Jakarta (makasih ya pak brgnya sudah datang!)
28. Irwan # perum griya asri 2, jl mawar B58 pekandangan indramayu, jawa barat # "Pak SUPRIYONO barang sudah sampe terimksh"
29. Dhety Chusumastuty # STMM MMTC, jl magelang km 6 jombot yogyakarta # JNE jogb10117464414 # udah nyampe paketane,,itu aturanya 3x sehari,,,sekali makan brapa kapsul? Makasih,,,,
30.Daniel Ronald # jl raya achmad yani no 28 bangsalsari jember # Pos # 13232227830("ini baru datang barangnya bro, Terimaksih, senang berbisnis deng anda"),
31. Herliansyah # jl raya tiga gajah baturaja -oku (PT semen baturja Tbk) baturaja # Pos # 13232229894 ("paketnya sudah sampai mas barusan..lebih cepat ternyata nyampen ke baturaja..makasih")
32. neneng kiki # perum dinar anyar blok 02 no 23 rt/w 17/12 purwakarta # Pos # 13232229063 ("Barangnya baru nyampe makasih ya. mudah"an jerawat ku sembuh, Makasih"),
33. Agus setiawan # bca kcu malang, jl b rachmad no 70-74 malang # Pos # 13232226791 (" Mz brg x sdh sampai barusan, trim's")

"TESTIMONI INI HANYA SEBAGIAN SAJA YANG KAMI TULIS DAN APA ADANYA"
KAMI TDK PERLU BANYAK JANJI, TAPI BANYAK BUKTI..!

ADMIN
http://herbafarmasi.com/


Hotline : 085726137139 SMS Center : 087838343499 BB Messenger : 7500907B herbafarmasi@yahoo.com